Monday, December 29, 2008

Opera Mini 4.2 Konvergensi IT dan Telekomunikasi membawa informasi di ujung jari, solusi dalam kegiatan sehari-hari

Search Engine atau lebih dikenal dengan search engine web atau situs mesin pencari sebenarnya sudah lama dikenal atau bahkan digunakan tetapi belum sama sekali dipergunakan secara penuh dan maksimal dalam kehidupan atau kegiatan sehari-hari. Internet dalam hal ini masih lebih banyak digunakan untuk hal-hal negatif (Romi Satria Wahono, Seminar Nasional Sistem dan Teknologi Informasi di Stikom, Jalan Kedung Baruk, Surabaya, Rabu -22/10/2008 Steven Lenakoly – detikinet). Padahal di dalam internet, seseorang bisa memanfaatkan untuk menggunakan berbagai kepentingan yang positif. Misalnya saja mencari informasi keseharian, menunjang studi, menjual produk, mempublikasikan karya dan personal branding.
Dari suatu milis yang saya ikuti ada seorang ibu yang mengirimkan email menanyakan apakah ada anggota milis yang mengetahui tempat penyewaan kostum untuk pesta ulang tahun anaknya. Ibu itu mengirimkan emailnya tentunya menggunakan akses internet. Ibu tersebut sebenarnya dapat mencari sendiri dengan situs search engine. Ada banyak sekali situs search engine yang ada saat ini dimulai dengan kemunculan excite di tahun 1993, Google di tahun 1997 dan MSN search di tahun 1998. Tetapi yang populer menurut situs ranking www.alexa.com (Nov 2008) adalah Google (www.google.co.id).
Google sebenarnya mempunyai banyak fitur yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang akurat baik berupa teks artikel ataupun ebook, audio maupun video. Ada banyak fitur mengenai kemampuan search engine Google di situs www.googleguide.com . Yang dapat membedakan pencarian berdasarkan judul (kata kunci intitle atau allintitle), alamat situs (inurl atau allinurl), berdasarkan jenis dokumen yang dicari (filetype:pdf) atau situs yang dicari (site:ac.id). Sosialisasi fitur kemampuan Google ini saja akan memudahkan siapa saja yang membutuhkan solusi. Pelajar dan mahasiswa dalam hal mencari informasi untuk tugas dan kegiatan belajarnya, pekerja yang membutuhkan solusi dalam membantu tugas dan pekerjaannya ataupun wiraswastawan yang membutuhkan solusi dalam distribusi dan modal kerja sampai konsumen dan rekan kerja.
Tidak ada informasi akurat mengenai total halaman situs utama yang terdaftar di pagerank Google, tetapi jika menggunakan kata kunci inurl:www saja, ada sekitar 20 milyar halaman utama. Artinya data yang tersedia sudah melebihi isi suatu perpustakaan yang paling lengkap sekalipun, malah mungkin perpustakan itu masuk kedalam database utama Google. Halaman berbahasa Indonesia-pun saat ini sudah sedemikian banyaknya. Dan jika ditanyakan informasi apa saja yang tersedia di Internet maka jawabnya adalah apa saja ada. Mulai dari berita terkini, bisnis dan keuangan, hiburan, kesehatan, pendidikan, olahraga, sains dan budaya sampai pada politik dan keluarga. Jadi mulailah menggunakan mesin pencari yang ada dalam jangkauan anda, komputer anda.
Dengan adanya kemajuan teknologi telepon genggam atau ponsel, saat ini rata-rata sudah mempunyai layar yang lebar dan kemampuan untuk mengakses internet. Teknologi GPRS, 3G ataupun HSDPA memungkinkan pengguna ponsel mudah mencari solusi. Ponsel membuat informasi di ujung jari. Namun belum semua memanfaatkan fitur-fitur ini karena kurangnya sosialisasi kemampuan yang hebat dari ponselnya ini sejauh ini fungsi ponsel terbatas hanya untuk bicara, sms dan kamera.
Opera Software (www.opera.com), yang mempunyai visi memberikan pengalaman terbaik ber-internet pada berbagai platform peralatan dengan browser Opera ini merilis versi terbarunya 4.2. Opera Mini yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Tentunya dengan berbagai macam fitur baru dan modifikasi fitur lama menjadikan Opera Mini produk terbaik untuk ponsel kita.

Opera Mini (www.operamini.com) menggunakan server tersendiri yang ditempatkan di Amerika khusus untuk area AsiaPasifik dan Amerika sehingga saat menggunakan Opera Mini untuk melihat situs www.xl.co.id misalnya, permintaan ini diproses dahulu di server Opera tersebut dan mengkompresikan konten-nya sampai 90% sebelum diteruskan ke ponsel pengguna. Sehingga tentunya menjadikannya browser tercepat dan hebat biaya karena besarnya konten berkurang dan hemat bandwidth juga. Opera Mini juga selain mengkompresi juga memungkinkan pengguna melihat suatu situs secara lengkap. Fitur lainnya adalah memudahkan mencari teks dalam halaman web dan kemampuan menyimpan halaman web untuk dapat dilihat kembali saat offline.

Satu yang terpenting dari browser Opera Mini adalah search engine Google terdapat dihalaman utama sehingga jika ingin mencari sesuatu dapat cepat mengetikannya.
XL (www.xl.co.id) sebagai perusahaan provider telekomunikasi diharapkan dapat melihat hal ini sebagai peluang dalam memenuhi trend kebutuhan masyarakat ini. Karena kedepan dengan semakin banyaknya anggota masyarakat yang mulai merasakan manfaat internet, dalam hal ini search engine dalam solusi masalah sehari-hari. Maka kebutuhan akan akses internet menjadi suatu kebutuhan dasar. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet sudah melebihi 25 juta orang atau sekitar 10 persen dari jumlah penduduk Indonesia.
Sosialisasi penggunaan search engine akan mengkonversi lebih banyak lagi pengguna ponsel menjadi pengguna internet atau malah mungkin menambah jumlah pengguna ponsel. Ada tantangan dan peluang untuk XL sebagai salah satu perusahaan provider telekomunikasi nasional di tahun 2009 ini.

No comments: